Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Wisata Ke Pesisir Parangtritis Jogja

baca artikel berikutnya bersoal tentang pantai ke orang Jogja, pasti yang pertama timbul sebagai reaksinya pasti nama pantai Parangtritis. Benar, pantai Parangtritis ini merupakan pantai yang setidaknya terkenal di Yogyakarta. Bila Anda kepingin mendapatkan tempat melihat sunset paling keren lalu romantis di Kota Jogja, pantai Parangtritis merupakan jawabannya.

image

Asal fasal nama Parangtritis terdapat sejarahnya sendiri. Menurut masyarakat setempat, pada era dahulu masa, ada seorang pelarian dari Majapahit berjulukan Dipokusumo datang ke kawasan pantai ini buat bersemedi. Saat beliau melihat titik tetesan air yang merintik-rintik dan mengalir dari celah-celah batu karang, dirinya pun selanjutnya menamai teritori pantai ini sebagai parangtritis. Kata parang artinya batu dan tumaritis artinya tetesan air.

Lokasi Pantai Parangtritis yang indah ini tiada terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya sekitar 27 km ke arah selatan. Anda mampu membawa kendaraan individual ataupun bersama angkutan umum yang beroperasi sampai jam 5 petang.Ada dua rute yang bisa Kamu tempuh untuk menuju ke pantai gedubang tritis ini. Pertama, melalui jarak Yogyakarta - Imogiri - Siluk - pantai Parangtritis, lewat rute ini Kamu bisa menyaksikan pengamatan sungai yang merentak dan gundukantanah karang yang indah. Kedua, Kamu bisa menggunakan melewati jarak Yogyakarta - pantai Parangtritis yang mampu ditempuh bersama sangat gampang karena jalur yang mulus beserta relatif baik.

Kebanyakan pada sore hari para tamu akan semakin banyak berdatangan ke pesisir Parangtritis, karena suasana sunsetnya memang sebagai favorit para pengunjung. Jika Kamu ingin meninjau indahnya seluruh komponen pantai Parangtritis serta eksotisnya laut selatan dari ketinggian, Anda sanggup naik ke Tebing Gembirawati yang terletak di bagian belakang pesisir Parangtritis.

Di kawasan objek wisata tepilaut Parangtritis Jogja ini ada suatu candi yang bisa Kalian kunjungi, namanya Candi Gembirawati. Jaraknya hanya sebagian ratus meter dari bibir tepilaut. Pantai Parangtritis ini memang tidak dapat dipisahkan dari legenda Permaisuri laut kidul ataupun ratu tepilaut selatan yang cukup populer. Sebagian masyarakat Jogja mempercayai bahwa Tepilaut Parangtritis yang indah ini adalah suatu gaba-gaba menuju kerajaan ajaib Ratu laut Selatan yang menguasai laut selatan.

Tidakcuma itu ada tempat bersejarah lain yang dapat Anda kunjungi kala Anda melakukan perjalanan wisata ke pantai Parangtritis Jogja. Salah satunya yaitu Makam Syekh Jaga Belu yang letaknya di jalan menuju ke pesisir. Anda sanggup naik ke area makam dengan tangga yang menghubungkan jalan raya bersama sebuah bukit yang menjadi tempat ziarah ini. Biasanya, para peziarah sampai kesini pada hari Selasa kliwon.

Sebagian rakyat juga membenarkan bahwa pantai Parangtritis ini merupakan lokasi bertemunya Panembahan Senopati dengan salah satu orangtua songo, yaitu Sunan Kalijaga sesaat setelah selesai melakukan pengasingandiri. Dalam pertemuan tersebut, Panembahan Senopati diingatkan oleh Sunan Kalijaga supaya tetap bertabiat rendah hati sebagai atasan walaupun telah mempunyai aji-aji.

Eit, jangan berfikir Kamu bisa berenang di tepilaut Parangtritis. Pantai yang satu ini adalah salah satu pantai yang mengaplikasikan larangan pada para wisatawan untuk berenang. Terlihat beberapa masalah yang bisa Kalian lakukan untuk menikmati cuaca pantai selain indahnya sunset. Bisajadi Anda sanggup menyewa ATV yang sungguh banyak disana buat berkeliling di kira-kira pantai. Alias Anda pula bisa naik Delman (kereta kuda) menyusuri bibir pesisir saat magrib mulai menguning. Tampak pula proposal untuk menunggang kuda untuk menapaki bibir pantai.

Jika belum plong menikmati indahnya pemandangan alam di seputar pantai Parangtritis dari birai pantai, Kamu bisa bergerak menuju ke arah Gua Langse bakal merasakan suasana yang berlainan. Di jalan tanah untuk menuju ke Gua Langse, Anda dapat memandang ke arah barat pantai dan melihat keindahan lainnya dari pantai Parangtritis. Gelendong ombak yang besar menuju ke pinggiran pantai bakal terlihat sesuai berwarna galuh karena terjangan sinar rawi dan rona tersebut hendak menyerupai ragam
Sign In or Register to comment.