Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Manfaat Luar Biasa Daun Pegagan

Centella Asiatica atau yang lebih dikenal sebagai daun pegagan yaitu tanaman merambat yang mempunyai batang kecil dan daun berwarna hijau berbentuk hampir bulat. Tanaman ini hidup banyak ditemukan di wilayah Asia yang kebanyakan negaranya mempunyai iklim tropis, salah satunya Indonesia. Pegagan bisa ditemukan di Indonesia. Daerah yang tak jarang ditumbuhi oleh tumbuhan ini ialah daerah yang dekat dengan perairan seperti di dekat sungai maupun di persawahan. Daun pegagan sekali-sekali diaplikasikan untuk hiasan pada makanan maupun dikonsumsi sebagai lalaban seperti paterseli atau selada air karena memang daun ini tidak memiliki rasa. Daun pegagan juga telah ternyata memiliki berjenis-jenis manfaat penting untuk kesehatan.

Sudah ada banyak penelitian yang menggambarkan bahwa daun pegagan memang kapabel diterapkan untuk kesehatan manusia. Beberapa studi dan penelitian sudah menggambarkan bahwa daun pegagan memiliki banyak kandungan yang betul-betul berguna untuk kesehatan manusia maupun untuk melawan bermacam jenis penyakit. Sebagian kandungan penting di dalam pegagan antara lain antioksidan, kalsium, fosfor, potassium, beta carotene, asam askorbat, asam asiatik, tiamin, riboflavin dan lain sebagainya. Memiliki kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan, di beberapa Negara yang juga terdapat daun pegagan, memanfaatkan tanaman ini dalam format teh supaya bisa dikonsumsi dengan mudah. Negara lainnya juga ada yang memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan pelbagai produk kecantikan, obat penenang, obat luka bakar, malahan obat untuk mengobati bermacam jenis penyakit berbahaya seperti pencegahan penyakit hati dan pencegahan kanker.

image
khasiat daun pegagan sampai di situ, pegagan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan pada otak. Sebab mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi, daun pegagan berguna untuk melancarkan peredaran darah, nutrisi, serta mengurangi risiko kerusakan pada sel-sel otak yang mungkin bisa terjadi. Sebuah penelitian juga menceritakan bahwa kandungan senyawa asiaticosida yang ada pada daun pegagan bermanfaat untuk menurunkan tingkat kecemasan, rasa gelisah maupun stres yang kemudian mewujudkan penderita lebih aktif, komunikatif sebab tingkat kecemasan, kegelisahan dan stres yang dinikmati sebelumnya telah menurun.
Sign In or Register to comment.