Howdy, Stranger!

It looks like you're new here. If you want to get involved, click one of these buttons!

Asal mula Sabung Ayam di Bermacam-macam Wilayah

Permainan s128 atau adu ayam ialah sebuah permainan yang sering kali dilaksanakan orang-orang di beraneka wilayah dunia, di mana dua ekor ayam dipertarungkan untuk menang. Umumnya adu ayam adalah naluri atau insting dari hewan tipe unggas itu, tetapi kini ini pertarungan adu ayam online malah telah mengaplikasikan pisau yang diikatkan lantas pada ayam yang akan dipertarungkan tersebut. Adu ayam akhir-akhir ini kembali populer di Indonesia pada acara pertarungan ayam Di Indonesia sendiri adu ayam dengan memakai pisau telah dikenal cukup lama di beraneka wilayah. Pun adu ayam di sebagian kawasan dunia pun telah lama digelar.

Di kawasan Bali acara ini benar-benar tenar dan dikenal dengan nama Tajen. Asal usul sabung ayam ini berawal dari upacara Tabuh Rah yang digelar setahun sekali oleh umat Hindu Bali. Pada salah satu acara Tabuh Rah digelar persembahan darah ayam yang ditarungkan memakai pisau. Sebab mempunyai energi tarik dan mengasyikan, banyak orang yang lalu mengharapkan agar digelar acara khusus adu ayam yang pada kesudahannya dikenal dengan nama Tajen. Sementara itu di wilayah Sulawesi, tepatnya di Toraja ada pula acara adu ayam yang menginspirasi permainan s128, yang dikenal dengan nama Massaung Manuk. Berdasarkan kitab La Galago, pemuda di Toraja belum bisa dikatakan jagoan jikalau belum melakukan judi, meminum minuman memabukkan, dan adu ayam dengan pisau.

Negara Filipina pun mengenal acara budaya serupa yang diketahui dengan nama Sabong. Di Filipina pun memakai pisau yang disebut Tari atau Gaff yang lalu dipasang di salah satu kedua kaki ayam yang akan ditarungkan. Colombia yang ada di benua Amerika pun diketahui dengan acara adu ayamnya. Di negara Colombia ini, acara adu ayam diketahui dengan nama Pellea de Gallos yang digelar tertutup meski telah disahkan. http://www.sabung-ayam.org sabung ayam untuk memandang acara ini dapat Anda dapatkan dengan mengunjungi ibukota Colombia, Bogota dan membeli karcis dengan bertanya pada orang-orang di sana. Demikianlah sedikit pembahasan mengenai asal usulan adu ayam di pelbagai kawasan, semoga bermanfaat.
image
Sign In or Register to comment.